Kesaksian Kisah Nyata Pertolongan Yesus [Andy F. Noya]

Kesaksian dan kisah nyata bukti pertolongan Tuhan : "Renungan indah tentang jalan Tuhan yg tak pernah kita duga dan selalu indah pada waktunya " Oleh : Andy F. Noya.


Malam itu saya gelisah. Tidak bisa tidur. Pikiran saya bekerja ekstra keras. Dari mana saya bisa mendapatkan uang sebanyak itu? Sampai jam tiga dini hari otak saya tetap tidak mampu memecahkan masalah yang saya hadapi. Tadi sore saya mendapat kabar dari rumah sakit tempat kakak saya berobat. Menurut dokter, jalan terbaik untuk menghambat penyebaran kanker payudara yang menyerang kakak saya adalah dengan memotong kedua payudaranya. Untuk itu, selain dibutuhkan persetujuan saya, juga dibutuhkan sejumlah biaya untuk proses operasi tersebut.Soal persetujuan, relatif mudah.

Sejak awal saya sudah menyiapkan mental saya menghadapi kondisi terburuk itu. Sejak awal dokter sudah menjelaskan tentang risiko kehilangan payudara tersebut. Risiko tersebut sudah saya pahami. Kakak saya juga sudah mempersiapkan diri menghadapi kondisi terburuk itu. Namun yang membuat saya tidak bisa tidur semalaman adalah soal biaya. Jumlahnya sangat besar untuk ukuran saya waktu itu. Gaji saya sebagai redaktur suratkabar tidak akan mampu menutupi biaya sebesar itu. Sebab jumlahnya berlipat-lipat dibandingkan pendapatan saya. Sementara saya harus menghidupi keluarga dengan tiga anak. Sudah beberapa tahun ini kakak saya hidup tanpa suami. Dia harus berjuang membesarkan kelima anaknya seorang diri. Dengan segala kemampuan yang terbatas, saya berusaha membantu agar kakak dapat bertahan menghadapi kehidupan yang berat. Selain sejumlah uang, saya juga mendukungnya secara moril. Dalam kehidupan sehari-hari, saya berperan sebagai pengganti ayah dari anak-anak kakak saya.

Dalam situasi seperti itu kakak saya divonis menderita kanker stadium empat. Saya baru menyadari selama ini kakak saya mencoba menyembunyikan penyakit tersebut. Mungkin juga dia berusaha melawan ketakutannya dengan mengabaikan gejala-gejala kanker yang sudah dirasakannya selama ini. Kalau memikirkan hal tersebut, saya sering menyesalinya. Seandainya kakak saya lebih jujur dan berani mengungkapkan kecurigaannya pada tanda-tanda awal kanker payudara, keadaannya mungkin menjadi lain. Tapi, nasi sudah menjadi bubur. Pada saat saya akhirnya memaksa dia memeriksakan diri ke dokter, kanker ganas di payudaranya sudah pada kondisi tidak tertolong lagi. Saya menyesali tindakan kakak saya yang "menyembunyikan" penyakitnya itu dari saya, tetapi belakangan -- setelah kakak saya tiada -- saya bisa memaklumi keputusannya. Saya bisa memahami mengapa kakak saya menghindar dari pemeriksaan dokter. Selain dia sendiri tidak siap menghadapi kenyataan, kakak saya juga tidak ingin menyusahkan saya yang selama ini sudah banyak membantunya. Namun ketika keadaan yang terbutruk terjadi, saya toh harus siap menghadapinya. Salah satu yang harus saya pikirkan adalah mencari uang dalam jumlah yang disebutkan dokter untuk biaya operasi.

Otak saya benar-benar buntu. Sampai jam tiga pagi saya tidak juga menemukan jalan keluar. Dari mana mendapatkan uang sebanyak itu? Kadang, dalam keputus-asaan, terngiang-ngiang ucapan kakak saya pada saat dokter menganjurkan operasi. "Sudahlah, tidak usah dioperasi. Toh tidak ada jaminan saya akan terus hidup," ujarnya. Tetapi, di balik ucapan itu, saya tahu kakak saya lebih merisaukan beban biaya yang harus saya pikul. Dia tahu saya tidak akan mampu menanggung biaya sebesar itu.
Pagi dini hari itu, ketika saya tak kunjung mampu menemukan jalan keluar, saya lalu berlutut dan berdoa. Di tengah kesunyian pagi, saya mendengar begitu jelas doa yang saya panjatkan. "Tuhan, sebagai manusia, akal pikiranku sudah tidak mampu memecahkan masalah ini. Karena itu, pada pagi hari ini, aku berserah dan memohon Kepada-Mu. Kiranya Tuhan, Engkau membuka jalan agar saya bisa menemukan jalan keluar dari persoalan ini." Setelah itu saya terlelap dalam kelelahan fisik dan mental

Pagi hari, dari sejak bangun, mandi, sarapan, sampai perjalanan menuju kantor otak saya kembali bekerja. Mencari pemecahan soal biaya operasi. Dari mana saya mendapatkan uang? Adakah Tuhan mendengarkan doa saya? Pikiran dan hati saya bercabang. Di satu sisi saya sudah berserah dan yakin Tuhan akan membuka jalan, namun di lain sisi rupanya iman saya tidak cukup kuat sehingga masih saja gundah.

Di tengah situasi seperti itu, handphone saya berdering. Di ujung telepon terdengar suara sahabat saya yang bekerja di sebuah perusahaan public relations. Dengan suara memohon dia meminta kesediaan saya menjadi pembicara dalam sebuah workshop di sebuah bank pemerintah. Dia mengatakan terpaksa menelepon saya karena "keadaan darurat". Pembicara yang seharusnya tampil besok, mendadak berhalangan. Dia memohon saya dapat menggantikannya.

Karena hari Sabtu saya libur, saya menyanggupi permintaan sahabat saya itu. Singkat kata, semua berjalan lancar. Acara worskshop itu sukses. Sahabat saya tak henti-henti mengucapkan terima kasih. Apalagi, katanya, para peserta puas. Bahkan pihak bank meminta agar saya bisa menjadi pembicara lagi untuk acara-acara mereka yang lain. Sebelum meninggalkan tempat workshop, teman saya memberi saya amplop berisi honor sebagai pembicara. Sungguh tak terpikirkan sebelumnya soal honor ini. Saya betul-betul hanya berniat menyelamatkan sahabat saya itu. Tapi sahabat saya memohon agar saya mau menerimanya. Di tengah perjalanan pulang hati saya masih tetap risau. Rasanya tidak enak menerima honor dari sahabat sendiri untuk pertolongan yang menurut saya sudah seharusnya saya lakukan sebagai sahabat. Tapi akhirnya saya berdamai dengan hati saya dan mencoba memahami jalan pikiran sahabat saya itu. Malam hari baru saya berani membuka amplop tersebut. Betapa terkejutnya saya melihat angka rupiah yang tercantum di selembar cek di dalam amplop itu. Jumlahnya sama persis dengan biaya operasi kakak saya! Tidak kurang dan tidak lebih satu sen pun. Sama persis!

Mata saya berkaca-kaca. TUHAN, Engkau memang luar biasa. Engkau Maha Besar. Dengan cara-MU, Engkau menyelesaikan persoalanku. Bahkan dengan cara yang tidak terduga sekalipun. Cara yang sungguh ajaib!

Esoknya cek tersebut saya serahkan langsung ke rumah sakit. Setelah operasi, saya ceritakan kejadian tersebut kepada kakak saya. Dia hanya bisa menangis dan memuji kebesaran Tuhan. Tidak cukup sampai di situ. Tuhan rupanya masih ingin menunjukkan kembali kebesaran-Nya. Tanpa sepengetahuan saya, Surya Paloh, pemilik harian Media Indonesia tempat saya bekerja, suatu malam datang menengok kakak saya di rumah sakit. Padahal selama ini saya tidak pernah bercerita soal kakak saya. Saya baru tahu kehadiran Surya Paloh dari cerita kakak saya esok harinya. Dalam kunjungannya ke rumah sakit malam itu, Surya Paloh juga memutuskan semua biaya perawatan kakak saya, berapa pun dan sampai kapan pun, akan dia tanggung. TUHAN Maha Besar!

Tuhan YESUS mengasihi Anda..
www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net

98 comments:

  1. Replies
    1. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua,SAYA IBU ersin Sengaja ingin menulis
      sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
      kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
      Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
      500 JT saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
      melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
      dengan KI Sunan Jati, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 HARI
      saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KI Sunan Jati
      kata BELIAU pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
      penarikan uang gaib 2Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
      dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 2M yang saya
      minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
      buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
      Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
      sering menyarankan untuk menghubungi KI Sunan Jati DI NOMOR 082_349_535_132
      agar di berikan arahan. jika ingin seperti saya coba hubungi KI Sunan Jati pasti akan di bantu Oleh Beliau

      Delete
  2. Tak ada yang mustahil jika kita mengetok pintu rumahNya maka Ia akan menerima kita dan meringankan beban yang kita alami.

    Tuhan Yesus adalah sumber segala-galanya jika kita meminta dengan sepenuh hati maka Ia akan membukakan jalan bagi kita, sebab tak ada yang mustahil jika kita selalu dekat pada Yesus. Amiiiiinnn.....

    ReplyDelete
  3. Haleluya Praise the Lord. Dia selalu ada disamping kita

    ReplyDelete
  4. Luar biasa sekali pak, sangat memberkati dan menguatkan iman saya. Tuhan memberkati

    ReplyDelete
  5. Kesaksian yg luar biasa..
    Saya sangat di berkati.
    Tuhan pakai lebih luar biasa lagi pak..
    Gbu

    ReplyDelete
  6. Puji Tuhan. Bagi Tuhan tidak ada yang mustahil.

    ReplyDelete
  7. Tuhan Engkau sungguh baik
    Terpujilah nama-MU ya Tuhan
    Amen

    ReplyDelete
  8. Halleluyah...Tuhan Yesus maha besar...

    ReplyDelete
  9. Halleluyah....Tuhan maha besar... Terpujilah Dia yg menjawab doa anak anakNya.

    ReplyDelete
  10. Thanks kesaksiannya sangat memberkati saya

    ReplyDelete
  11. Kalau kita benar percaya dan yakin akan pertolongan Tuhan..
    Bagi Tuhan smua tdk ada yg Mustahil.

    ReplyDelete
  12. Setiap pergumulan kita, Tuhan punya cara sendiri dalam menyelesaikannya. Terpujilah Tuhan, Bapa yang kekal.

    ReplyDelete
  13. Puji Tuhan Yesus, Tuhan selalu baik dan pertolonganNya selalu tepat waktu.

    ReplyDelete
  14. Puji Tuhan Yesus, Tuhan selalu baik dan pertolonganNya selalu tepat waktu.

    ReplyDelete
  15. Sore itu aku bernazar, kalau Tuhan Yesus mau sembuhkan aku dalam 2 hari, aku akan ciptakan lagu rohani (sebelumnya aku banyak ciptakan lagu duniawi) dan berjanji akan selalu menyanyi di gereja. Tuhan Yesus sepakat (aku sembuh dalam 2 hari setelah sakit tifus selama 10 hari lebih). Memang aku waktu itu tdk di rawat di rumkit krn biaya tdk punya. Aku langsung bayar (syukur), dalam 1 malam aku ciptakan 3 lagu rohani.
    Inilah kisahku dengan Yesus saat aku duduk di bangku kelas 2 SMA kira2 11 tahun yg lalu.

    ReplyDelete
  16. kesaksian luar biasa bang Purba
    Tuhan Yesus memberkati, amin

    ReplyDelete
  17. Tuhan kita memang sangat luar biasa. PertolonganNya tdk pernah terlambat,,selalu tepat pd waktunya. Kesaksian yg sangat memberkati. Trimakasi pk andy bt kesaksiannya. Gbu

    ReplyDelete
  18. Terpujilah Tuhan, dan hanya Dia yang layak dipuji dan disembah, dari dulu sekarang dan selamanya

    ReplyDelete
  19. sungguh luar biasa Engkau Tuhan, Engkau menjadikan segala sesuatu indah pada waktunya...!

    ReplyDelete
  20. Ketuklah Maka DIA akan membukannya . Tuhan Maha Besar.. Haleluya... Puji Tuhan Allah ...

    ReplyDelete
  21. Yesusku dasyat luar biasa.

    ReplyDelete
  22. Sujud syukur dengan sedikit mataku berkaca karena banyak pengalaman seperti ini juga setiap kita mengalaminya dengan kondisi dan situasi yang berbeda pula. Terima kasih untuk pengalaman yg hebat dan menghebatkan iman anak-anak Tuhan.

    ReplyDelete
  23. Amen . Tuhan Yesus Baik ..

    ReplyDelete
  24. Amen . Tuhan Yesus Baik ..

    ReplyDelete
  25. Amin, Tuhan Yesus selalu baik dan pertolongannya tepat waktunya apabila kita menyerahkan segala hidup kita
    terimakasih kesaksiannya Pak Andy

    ReplyDelete
  26. God is good. Tetap semangat di dalam tuhan kaka noya sekeluarga.

    ReplyDelete
  27. Terpujilah Tuhan Yesus karena Dia tahu apa yang kita perlukan bahkan apa yang tidak kita pikirkan itu yang Dia sedikan bagi UmatNya yang berserah KepadaNya. Haleluya.....

    ReplyDelete
  28. Puji Tuhan Yesus.....jdi teringat ayat ini...cari dahulu kerajaan Allah dan kebenarannya..maka semua akan ditambahkan ke padamu.

    ReplyDelete
  29. Puji Tuhan Yesus.....jdi teringat ayat ini...cari dahulu kerajaan Allah dan kebenarannya..maka semua akan ditambahkan ke padamu.

    ReplyDelete
  30. Yes.!! Tidak ada yang mustahil bagi orang yang percaya dan berserah kepada-Nya.!!

    Tuhan Yesus memberkati.

    ReplyDelete
  31. Yes.!! Tidak ada yang mustahil bagi orang yang percaya dan berserah kepada-Nya.!!

    Tuhan Yesus memberkati.

    ReplyDelete
  32. Tuhan tidak kehabisan cara untuk menolong umatnya asal kita berserah kepadanya...amin

    ReplyDelete
  33. Allah kita luar biasa yaitu Allah Abraham,Isak danYakob, Allah kita sangat perduli apa persoalan kita, Gbu

    ReplyDelete
  34. Hanya satu yang Dia minta yaitu PERCAYA, mujizat Nya pasti nyata.
    Terpujilah Engkau Allah di bumi dan di sorga

    ReplyDelete
  35. Hanya satu yang Dia minta yaitu PERCAYA, mujizat Nya pasti nyata.
    Terpujilah Engkau Allah di bumi dan di sorga

    ReplyDelete
  36. Setiap janjiNya pasti digenapi....Tuhan Yesus dahsyat, Segala Kemuliaan hanya bagi Dia;

    ReplyDelete
  37. Haleluyah, Puji Tuhan, tiada yg mustahil bagi Tuhan

    ReplyDelete
  38. Haleluyah, Puji Tuhan, tiada yg mustahil bagi Tuhan

    ReplyDelete
  39. Doa Orang Benar Akan Dikabulkan Bila Didoakan ,Dan Tuhan Telahmenunjukan Kuasanya Bagi Kita Umat Manusia,Terimakasih Tuhan

    ReplyDelete
  40. Dia Tuhan. Mengendalikan Waktu Dan Keadaan. Ketulusan Pak Andi Menggerakan Kuasa Allah di dalam Yesus Dan Roh Kudus yang medatangkan Mujizat besar. Terpujilah Tuhan sekarang Dan Selamanya.

    ReplyDelete
  41. https://www.youtube.com/watch?v=FtqCdAHv-RA

    ReplyDelete
  42. God bless you, your sister, your best friend, God Bless Surya Paloh.. Tuhan memakai mereka untuk menyatakan kemuliaan-Nya..

    ReplyDelete
  43. Hossana, , Allah itu dahsyat, , Semua yg bernafas memujiMu..

    ReplyDelete
  44. Hossana, , Allah itu dahsyat, , Semua yg bernafas memujiMu..

    ReplyDelete
  45. Hossana, , Allah itu dahsyat, , Semua yg bernafas memujiMu..

    ReplyDelete
  46. Hossana, , Allah itu dahsyat, , Semua yg bernafas memujiMu..

    ReplyDelete
  47. Mintalah maka kau akan diberi...
    Janji Tuhan selalu pasti

    ReplyDelete
  48. Puji Tuhan,pertolongan NYA tidak pernah terlambat setiap waktu asal kita percaya maka DIA akan bertindak

    ReplyDelete
  49. Jesus is God Almighty.... unexpected plans for those who believe in Him... Praise the Lord...

    ReplyDelete
  50. terpujilah Yesus kristus sang pemneri napas HIDUP!! amin

    ReplyDelete
  51. Tuhan Yesus memang luar biasa bagi anak-anak yang dikasihi dan mengasihiNya. Haleluyah...Amin...selamanya...

    ReplyDelete
  52. Tuhan Yesus terlalu baik, Dia tahu setiap tetes air mata kita....
    Puji Tuhan, bangga dan beruntung kita menjadi anak-anakNya.

    ReplyDelete
  53. Knapa iman saya ga bisa sebesar mereka2 tolong saya Tuhan

    ReplyDelete
  54. Knapa iman saya ga bisa sebesar mereka2 tolong saya Tuhan

    ReplyDelete
  55. HALELUYAH..TUHAN YESUS SUNGGUH SANGAT BAIK......

    ReplyDelete
  56. Puji Tuhan, terima kasih atas ceritanya pak Andy ...
    Sungguh luar biasa ... Air mata berlerai membaca cerita ini .. Haleluya ..

    ReplyDelete
  57. Amin sungguh sempurna janji Tuhan dalam hidup kita yg tetap setia kepdaNya....

    ReplyDelete
  58. Puji Tuhan terimakasih Bg.iman saya semakin bertambah.
    Tuhan Kita Ajaib..! Mukjzatnya SElalu nyata dlm hidup kiata.

    ReplyDelete
  59. Tidak ada yg mustahil bagi TUHAN.

    ReplyDelete
  60. Luarbiasa Kasih Tuhan.....Terpujilah Tuhan kita Yesus Kristus....pertolonganNya tepat pd waktunya, siapakah kita dihadapanNya.... KasihNya tak berkesudahan dlm hidup kita, trimakasih Bapa... Engkau telah menyalurkan berkatMu melalui orang2 yg pilihanMu....Amin

    ReplyDelete
  61. Tuhan selalu ada bagi qta yang percaya, karna dia tuhan diatas segalanya yang tidak akan membuat umatnya sengsara asalkan iman percaya hanya kepada dia, walaupun sebelum da mujizat pasty akan ada tantangan tuk teguhkan iman qta sebagai umatnya...Amin

    ReplyDelete
  62. Tuhan kita adalah Tuhan yang hidup yg mengerti persoalan anak-anaknya.Tuhan Yesus memang luar biasa.Amin

    ReplyDelete
  63. Tuhan kita adalah Tuhan yang hidup yg mengerti persoalan anak-anaknya.Tuhan Yesus memang luar biasa.Amin

    ReplyDelete
  64. Terpujilah Tuhan Yesus Kristus, Dia adalah Juruselamat hidup anak-anak-Nya di dunia yg jahat ini. Engkau adalah Tuhan yg baik dan penuh kasih kepada semua orang. Amin

    ReplyDelete
  65. Maha Besar Kasih Tuhanku Yesus Kritus, Karna KasihNya naya Bagi UmatNya Yang Bersandar PadaNya. Terimakasih Bang Andi Atas Kesaksianmu. Semoga Iman Percayaku Bertambah dgn banyak Membaca Kesaksian Iman Sodara sekalian. Amin.

    ReplyDelete
  66. slama masih ada Tuhan,,, smua pasti baik....
    Puji Tuhan

    ReplyDelete
  67. Puji Tuhan, Tuhan memang selalu mendengarkan setiap doa anaknya yg percaya kepada Nya.

    ReplyDelete
  68. puji Tuhan utk kesaksian kk Andy yg sdh memberikan kekuatan bagi saya...syalom.

    ReplyDelete
  69. Berjalanlah dgn kejujuran dan kelurusan, bersabarlah dlm derita dan doa org benar dan sungguh2 akan mendpt tempat utk dibukakan jln keluar dan mujizat itu diberikan utk kita bagi yg percaya pd Yesus Kristus amin!!!

    ReplyDelete
  70. Sungguh luar biasa, Tuhan tidk pernah menutup mata terhadap persoalan yg kita hadapi. PertolonganNya tidak terduga dan tdk terselami, selalu tepat dan indah pada waktunya. Sungguh Yesus adalah Tuhan.

    ReplyDelete
  71. puji Tuhan kuasa Tuhan Yesus begitu ajaib dan luar biasa dahsyat.

    ReplyDelete
  72. Sewaktu masih kuliah,Tuhan Yesus melakukan banyak mujizat kepadaku..waktu itu dosen masuk kelas dan mengatakan bahwa minggu depan kita mid test.kemudian hari itu tiba dan dosen masuk kelas sambil mengatakan semua tas disimpan didepan kita mid tes hari ini.saya kaget karena lupa bahwa hari ini mid tes dan tidak belajar sama sekali.kemudian saya berdoa dalam hati supaya Tuhan Yesus menundanya.setelah saya bilang amin dosen langsung mengatakan bahwa mid di tunda minggu depan.PUJI TUHAN..saya hny bisa bersyukur dan tersenyum karena Tuhan ku nyata dan Dia selalu ada bagi kita. Terpujilah namaNya.Amin.

    ReplyDelete
  73. Puji Tuhan kesaksian yg luar biasa memberkati dan menguatkan iman.

    ReplyDelete
  74. Puji Tuhan kesaksian yg luar biasa memberkati dan menguatkan iman.

    ReplyDelete
  75. Puji Tuhan kesaksian yg luar biasa memberkati dan menguatkan iman.

    ReplyDelete
  76. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  77. Itulah TUHAN Allah, Bapa kita yang pada realitas konkret senantiasa peduli dan turut bekerja di dalam kehidupan setiap pribadi umat-Nya. Dimana-mana pada semua ruang dan waktu persoalan yang sering menimbulkan masalah di dalam diri kita dan kadang berdampak sosial ..., seperti yang dirasakan bang Andy F. Noya, yakni keRAGUan hati, ketidakmantapan jiwa kepada penyelenggaraan illahi. Di sini satu tempat ujian akan keyakinan kita bahwa Allah menyelenggarakan, memelihara serta merawat HIDUP dan keHIDUPan umat-Nya.

    "TUHAN menyertai rohmu. KASIH karunia-Nya menyertai kamu!" (2Tim 4:22)

    ReplyDelete
  78. Luar biasa Tuhan Yesus. Sungguh besar kasihnya. Terpujilah Nama-MU, Yesus

    ReplyDelete
  79. Autobiograpy nya ga ada andy f noya punya kakak yang kena kanker

    ReplyDelete
  80. Saya jadi tidak sabar untuk mencoba paketan ini...saya menjadi lebih tahu tentang hal baru...

    ijin berbagi juga sahabat, Gallery Foto Modifikasi Honda Jazz Keren Terbaru 2016, amediumformat.com, semoga terinspirasi, terimakasih...

    ReplyDelete
  81. Haleluya, RencanaNya sangat indah, terima kasih atas postingnya.

    ReplyDelete
  82. Terima Kasih atas kesaksian imannya Pak.. sangat membantu imanku untuk bisa tersadar.. ��������

    ReplyDelete
  83. luar biasa kuasa Tuhan...mujizat Tuhan nyata,halleluya amin

    ReplyDelete
  84. Dasyat dan luar biasa...kuasa Tuhan.

    ReplyDelete
  85. Tuhan maha ajaib dan mujizat buat umatnya.

    ReplyDelete